Jumat, 08 April 2016

Detik-Detik Menegangkan dan Mengharukan

di April 08, 2016
Akhirnya saya pun merasakan puncak mules yang bener-bener udah gak ketahan banget, sampe saya panggil bidan jaga buat cek apa saya mau melahirkan sekarang itu sekitar jam 2 lebih, setelah dia cek ternyata Alhamdulillah bu udah bukaan 6 ternyata. Perasaan bahagia yang gak bisa saya ungkapin rasanya optimis saya 100% kalo saya bener-bener bisa melahirkan normal, mulespun semakin menjadi terlebih di ruangan saya udah tinggal 3 orang lagi setelah semaleman bergantian orang yang melahirkan udah lebih dari 6 orang dan saya yang terlama di kloter itu. Jam 3 lebih saya bener-bener udah gak kuat sampe manggil dokter, sambil bilang "dok saya mau ngelahirin ini udah mau ke luar", dokter bilang dia mau cek dulu dan dia bilang belum bu bentar lagi ya tahan dulu masih bukaan mau 8 ini mah. Ya Allah perjuangan yang sebenernya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata, ada dua orang bidan muda baik hati yang lagi jaga kebetulan waktu itu hari pertama puasa tanggal 29 Juni 2014 dan di ruangan persalinan udah gak ada orang nyisa tinggal saya yang belum lahiran, dua bidan baik hati itu dengan tulus dia bilang "teh saya temenin ya, saya usapin pinggangnya", Ya Allah Ya Rabb rasanya saya dikrimi malaikat baik hati, karena prosedurnya kalo di RSUD gak boleh apalagi kalo lagi banyak yang lahiran.

Bidan Muda Baik Hati
Saya bilang ke bidan itu, "emang gak apa-apa ya?nanti di marahin sama dokter", dia jawab, "Gak apa-apa ko teh, soalnya lagi sepi dan pada lagi gantian istirahat'. Saya terus-terusan bilang makasih sama dua bidan muda itu. Tepat jam 15.40 saya bener-bener udah gak kuat lagi saya bilang sama dua bidan itu saya udah gak kuat bener-bener udah ngerasa kaya ada yang dorong mau ke luar, setelah dicek ternyata emang udah pembukaan lengkap ya Allah semangat saya, haru saya campur aduk, bidan itu pun teriak bu udah lengkap akhirnya karena dokter semuanya lagi ada jadwal SC akhirnya dua bidan senior yang nangangin sama dua bidan tadi , dan satu perawat yang nanganin. Bidan yang satu bilang "jangan teriak ya bu tarik nafas yang bener aja sama ngedennya yang bener", saya terus melafalkan "Allahumma Yasiir Walaa Tu'asiir", meskipun proses kelahirannya panjang namun proses saat melahirkannya Allah mudahkan tepat jam 16.00 lahirlah jagoan saya yang baru keluar kepalamya aja udah teriak kenceng banget nangisnya, rasa sakit semuanya terobati ketika saya denger tangisan jagoan kecil saya. Jagoan saya langsung di bawa ke ruang perawatan, sayapun ditangani dan dibersihkan untuk bersiap-siap dipindahkan ke ruang perawatan, tepat jam 7 saya dipindahkan ke ruang perawatan disambut suami saya dan keluarga saya. Tapi sedihnya saya belum bisa ngeliat bayi saya soalnya masih di ruang bayi dan baru besok pagi saya boleh bareng sama dia.

Arfa Ghaisan Sidqi


Akhirnya tibalah keesokan harinya, gak ada rasa sakit apapun yang ada dalam benak saya adalah cepet ketemu Dia. Akhirnya saya boleh pulang karena bayi saya sudah diimunisasi HB0 dan siap untuk pulang. Tiga hari berikutnya saya harus kontrol, tapi karena saat itu musim penghujan dan dingin banget, akhirnya baru bisa kontrol setelah 5 hari kelahiran anak saya yang diberi nama "Arfa Ghaisan Sidqi", pas kontrol ternyata kabar sedihnya adalah anak saya kuning dan harus disinar, bilirubinnya hampir 21, akhirnya ghais panggilan kami sama bayi kami, Ghais pun di sinar, melankolis banget, bukan lebay tapi entah kenapa saya gak tega yang harusnya dia tidur bareng-bareng di samping saya sekarang harus di inkubator dan di sinar, mata saya sampe bengkak tiap saya denger tangisan dari anak saya, pengen nyusuin langsung tapi katanya ga boleh sering dikeluarin dari inkubator soalnya tar lama turun billirubinnya. Setelah sekitar lima hari disinar hasil cek darahnya masih tinggi 15 kalo ga salah harusnya tuh di bawah 10 dan harusnya 2-3 hari juga turun, mungkin kurang efektif karena gak tega sering saya keluarin dan saya susui plus alatnya juga masih jadul untuk di RS di tempat ghais di sinar, akhirnya karena suami kasian ke saya yang gak berenti nangis gak tega liat anak saya pulang dan suami nyaranin untuk pulang ke Bandung aja soalnya lebih gampang kalo ada apa-apa destinasi dari rumah ke tempat fasilitas kesehatan gampang, kebetulan kampung halaman saya lumayan jauh untuk menuju fasilitas kesehatan yang lengkap banget. Meskipun dilemanya, ibu saya yang pengennya saya lama di rumah pengen ngurus dulu baby tapi gimana cuaca di sana pun lagi bener-bener hujan terus dan gak ada matahari sama sekali, akhirnya saya pulang ke Bandung dengan perasaan yang gak nentu karena yang namanya orang tua saking sayangnya sama cucu tapi ya kita juga sebagai orang tua juga kasian takutnya berlarut-larut makanya dibawa ke Bandung untuk penanganan lebih lanjutnya.

Setibanya di Bandung saya dan suami jemur tiap hari Ghais dari jam 7 pagi sampe jam setengah 9, dan suami saya berinisiatif sambil dijemur tiap hari kenapa gak bikin aja di rumah penyinaran buat biar bilirubin Ghais turun, suami saya yang baik hatinya pun beli peralatan kaya lampu untuk penyinaran, kaca matanya, dll. Kasur Jaring anak saya Dia bikin kaya inkubator yang ditempelin lampu di atasnya, jadi tiap malem anak saya tidur disitu plus matanya di tutup kaca mata, setelah seminggu dan dicek darah akhirnya Alhamdulillah bilirubin Ghais turun di 8. Rasanya bahagia tiada tara Ghais sembuh dan bisa tidur didekapan saya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Phanie Fauziah Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review

Free Box Rainbow 3 Cursors at www.totallyfreecursors.com